Memulai Bertransaksi Saham di Bursa Efek Indonesia

Untuk memulai bertransaksi saham, investor lakukan mengakses sistem POEMS, investor harus masuk ke situs POEMS yaitu http://www.poems.co.id/ atau http://www.poems.web.id/ melalui web browser. Sebelum mengakses ke situs POEMS pastikan dahulu komputer Anda telah terinstall Java dan koneksi internet berjalan dengan baik.





Lakukan perubahan password, sebelum melakukan transaksi untuk keamanan para Investor.
Bila sudah mengubah password sesuai dengan keinginan, dan proses selesai, maka ulangi lagi untuk melakukan login, untuk dapat bertransaksi melalui poems.co.id.






Setelah melakukan login, maka akan tampil Announcement (Pengumuman) tentang Rekening Dana Investor (RDI). Setiap Investor wajib membaca pengumuman tersebut, untuk mengetahui lebih lanjut tentang RDI.


Bila sudah siap bertransaksi dan sudah mengaktifkan "Live Price", dapat langsung menuju menu ADVTRADE. Tampilannya adalah seperti ini :
Dalam ADVTRADE menampilkan Order Book, Running Trade, Order Status , dan beberapa submenu lainnya.

Klik 'Buy' atau tekan tombol 'F2', untuk membeli,

Setelah form 'Buy' tampil, maka input nama saham dan harga yang akan dibeli, sistem akan menampilkan jumlah lot saham yang dapat dibeli baik sesuai Cash atau sesuai Equity.
Batas maksimal lot yang dapat dibeli diinformasikan di baris 'Max Lot'
Di samping menunjukkan bahwa, batas maksimal yang dapat dibeli secara  Cash adalah 10 Lot, dan secara Equity 73 lot.
Bila membeli dengan melebihi 10 lot, maka Investor dinyatakan hutang sejumlah Cash kepada sekuritas, dan disebut sebagai Outstanding. Investor tersebut harus mengembalikan kekurangan Cash tersebut dalam waktu 3 hari (T+3), jika lebih dari itu, maka akan dikenakan denda bunga sebesar 0.08% per hari.
Bila pada hari ke-5 (T+5) belum melakukan pembayaran, maka account akan mengalami 'Suspend Buy', yaitu Investor tidak dapat melakukan transaksi beli, hanya dapat menjual.
Bila pada hari ke-6 (T+6) belum melakukan pembayaran, tim dealer dari sekuritas tersebut akan melakukan force sell, yaitu penjualan saham-saham yang dibeli Investor untuk menutupi Outstanding. Sebelum melakukan force sell, tim dealer akan menginformasikan dahulu kepada Investor yang bersangkutan.
Fungsi  force sell ini adalah untuk mencegah Investor mengalami kerugian lebih besar, jika ternyata market mengalami penurunan secara signifikan.




Bila Investor akan menjual saham yang dimiliki, maka dapat membuka form 'Sell", dengan cara klik 'Sell' atau tekan tombol 'F4'.
Input saham yang akan dijual dengan mengetik di kolom 'Stock'.
Batas maksimal lot yang dapat dijual, dapat dilihat di baris 'Max Lots', Investor dapat menjual semua sahamnya atau sebagian, sesuai dengan keinginan Investor.
Bila saham yang diinput bukan bagian dari list kumpulan saham-saham yang dimiliki Investor (Portfolio View) , maka nilai 'Max Lots' menampilkan nilai '0'.











Baik form 'Buy', maupun form 'Sell', jika diklik 'OK', maka akan muncul layar "ORDER CONFIRMATION" sebagai konfirmasi ulang atas transaksi yang diinput. Bila sudah benar, maka klik 'OK', bila tidak sesuai atau tidak jadi dilakukan, klik 'Cancel'.

Bila klik 'OK', maka order yang diinput akan masuk ke dalam kumpulan 'Order Status' (kanan bawah dari AdvTrade).
Bila ada transaksi yang hendak diubah (Amend), atau dibatalkan (Withdraw), lakukan :
1. klik order yang akan diubah/batalkan dengan klik di radiobutton di kolom 'Order No'

2. klik tombol 'Amend' atau 'Wdraw', sesuai dengan kebutuhan.

3. Saat tombol 'Amend' diklik, maka akan muncul layar 'Order Amend', segera lakukan perubahan order di kolom 'Price'  atau 'Outstanding Qty'. Bila sudah yakin, klik tombol 'OK', atau 'Cancel' untuk batalkan perubahan.

4. Bila sudah dilakukan perubahan, maka status order yang awalnya 'Order Received', akan berubah menjadi 'Amended', bila dilakukan Amend, atau berubah menjadi 'Withdrawn', bila dilakukan pembatalan.

5. Bila order sudah match, maka statusnya menjadi 'Done'.


0 komentar "Memulai Bertransaksi Saham di Bursa Efek Indonesia", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar