Mengapa berinvestasi di Saham ?

Setelah kita mengetahui tentang keuntungan dan risiko di saham, mengapa kita berinvestasi di saham ? Apakah layak untuk merisikokan hasil jerih payah kita, tabungan yang telah kita kumpulkan cukup lama, ke dalam instrumen investasi yang telah banyak "memakan korban"?
Terlampir adalah alasan mengapa investasi saham bisa menjadi investasi yang mendekati kriteria investasi ideal dilihat dari sisi :
1. Modal awal : relatif kecil,
Bisa dimulai dengan modal di bawah 10 juta rupiah, tidak lebih besar daripada membuka counter 2x3meter di mal

2. Tempat : Fleksibel, di mana pun
Anda dapat bertransaksi saham di manapun , kapanpun, asal memiliki komputer/laptop/smartphone yang terkoneksi internet

3. Waktu : Fleksibel, kapan pun
Tidak adanya keterikatan waktu, bila Bursa Efek Indonesia tutup, Anda bisa bertransaksi di bursa Asia lainnya, atau Bursa Amerika dan Eropa. Bila semua bursa tutup, maka dapat Anda gunakan waktunya untuk menganalisa saham Anda, sehingga saat market buka, Anda dapat melakukan order.

4. Risiko : Bisa minim
Risiko bisa dikaitkan dengan jumlah modal yang ditanamkan. Artinya, jika kita menanam modal minim, maka risiko yang ditanggung juga minim. Risiko juga tergantung tingkat pengetahuan yang dimiliki, semakin kita memahami tentang saham yang kita miliki, semakin kecil risiko yang ditanggung. Bila Anda ingin berlatih dulu, bisa menggunakan simulasi dengan real market data secara gratis lewat fasilitas-fasilitas yang ada di internet.


5. Keuntungan : Potensi keuntungan tak terbatas.
Walaupun banyak sad story di saham, tetapi orang-orang yang bisa menghasilkan keuntungan besar juga ada di bursa saham.

(sumber : Investasi Saham Aman & Menyenangkan - Doni Prabawa)

0 komentar "Mengapa berinvestasi di Saham ?", Baca atau Masukkan Komentar

Poskan Komentar